'> Langakah Penting Mengatur Pengaturan Setelah Instal Windows 7 | Flavio Star PG Blog Langakah Penting Mengatur Pengaturan Setelah Instal Windows 7 Langakah Penting Mengatur Pengaturan Setelah Instal Windows 7 - Flavio Star PG Blog

Kali ini Flavio Blog akan berbagi lagi pengalaman seputar Windows 7, point khusus pada pembahasan adalah pengaturan/settingan windows sebelum mengisnstal aplikaksi di Windows 7. Berdasarkan pengalaman settingan ini sering terlupakan padahal ini juga merupakan langkah yang penting dalam meningkatkan performa windows yang digunakan. Namun beberapa langkah yang akan kita bahas ini, tidak terpaku pada Windows 7 saja melainkan juga berlaku pada windows xp dan windows 8. /

Langakah Penting Mengatur Pengaturan Setelah Instal Windows 7



  1. Setting Menu Show Delay

    Secara default angka Menu Show delay telah disetting oleh windows pada 400 ms. Dengan merubahnya ke angka yang lebih kecil maka akan mempercepat waktu tunda tampilnya perpindahan menu. Untuk mengetahui bahwa angka ini sudah dirubah atau belum, lakukan klik kanan pada windows explorer/desktop dan sorot pada pilihan yang memiliki sub menu, jika waktu tampilnya sub menu lebih lambat berarti belum dirubah tapi jika angka ini telah dirubah ke angka yang lebih kecil maka sub menu itu langsung muncul saat disorot kursor. Angka tercepat untuk Menu Show delay adalah merubah dari angka 400ms menjadi 0 ms.
    Untuk merubahnya ikuti langkah berikut:


    • Buka menu Run atau Tekan Win+R, lalu ketik Regedit
    • Cari MenuShowDelay di Folder HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop, dijendela sebelahnya ganti nilai MenuShowDelay dengan angka 0 dan OK.
    • Selesai. Selanjutnya masih berkaitan pada jendelah yang sama, lanjutkan pada langkah nomor 2 berikut sebelum merestart komputer.


  2. Setting MinAnimate Registry Editor
    Masih pada jendelah yang sama yaitu di pengaturan registry Editor pada langkah nomor 1 diatas, setelah folder Desktop lanjutkan ke folder WindowsMatrics (HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\WindowMatrics), pada jendelah sebelahnya cari MinAnimate dan klik 2x lalu ubah angkanya menjadi menjadi 0. Tujuan perubahan ini adalah untuk menghaluskan animasi delay. selanjutnya silahkan restart komputer untuk melihat perubahan yang dilakukan pada Registry Editor tadi, (1) dan (2).
  3. Mempercepat Booting Windows
    Jika anda adalah orang ingin booting windowsnya cepat lakukan beberapa settingan berikut :


    • Buka menu RUN atau Win+R lalu ketik MSCONFIG
    • Beri centang pada No GUI boot, ini untuk melewatkan tampilan Windows Start Up.
    • Selanjutnya pada TimeOut, ubah angkanya menjadi 3 Seconds


    • Klik pada Advence Option, beri centang pada Number Of Processors dan pilih angka 2 atau 4 jika ada. Disebelahnya centang lagi Maximum Memory dan biarkan nilainya tatap pada nilai default lalu OK, Apply, dan OK.


  4. Menstabilkan Desktop Windows

    • Buka menu Run atau Win+R, ketik Regedit untuk membuka Registry Editor.
    • Buka folder HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVercion/Explorer, disebelah buat DWORD Value baru dan ganti namanya menjadi DesktopProcess, klik 2x dan isi dengan angka 1. Restart Komputer.



  5. Mematikan AutoRun Windows
    Pada langkah ini saya rasa perlu untuk menjaga komputer agar sedikit aman dari virus atau virus yang sudah menjankit komputer tidak menjalar kemana-mana saat komputer dihidupkan. Pada beberapa virus memanfaatkan AutoRun Windows ini untuk merusak System Komputer. Sebelum terlambat lebih baik diantisipasi sejak awal dengan melakukan beberapa settingan berikut :


    • Buka Local Grup Policy Editor, dengan cara membuka menu RUN atau Win+R lalu ketik GPEDIT.MSC
    • Pada bagian User Configuration pilih Administrative Template ==> Windows Components ==> AutoPlay Polices ==> klik 2x Turn Off Autoplay
    • Pilih Enabled dan pilih All Drives pada bagian Option, Lalu OK.

Sejau ini itulah beberapa langkah pengaturan yang dilakukan setelah menginstal windows

6. atau pengaturan sebelum menginstal aplikasi jika sobat mempunyai tirps lain selain yang saya tuliskan diatas harap memberitahu saya lewat komentar. Setelah beberapa pengaturan diatas mungkin langkah selanjutnya anda akan memulai menginstal aplikasi yang dibutuhkan. Untuk apalikasi yang perlu diinstal mungkin akan saya bahas pada pembahasan selanjuntnya

.

Sekian untuk pembahasan kali ini, jika ada yang perlu ditambahkan silahkan muat lewat komentar pada postingan ini. Silahkan baca artikel menarik lainnya lewat menu Daftar isi dan jika ada postingan yang dianggap menarik pada blog ini jangan lupa untuk dishare ke teman-teman yang lain yah...
Terima kasih telah membaca Artikel Langakah Penting Mengatur Pengaturan Setelah Instal Windows 7 . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Langakah Penting Mengatur Pengaturan Setelah Instal Windows 7 sebagai sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top